Wednesday, 12 December 2012

Review: Not Just A Witch - Eva Ibbotson


Heckie bukan sembarang penyihir—dia penyihir hewan yang berniat menjadikan dunia tempat yang lebih baik. Heckie dan sahabatnya, Dora si penyihir batu, bersumpah akan bahu-membahu berbuat kebaikan dan menumpas kejahatan. Tapi pertengkaran konyol lalu memisahkan keduanya.

Heckie bertekad meneruskan cita-citanya, walaupun tanpa Dora. Dia pindah ke kota Wellbridge dan membentuk Kelompok Pemburu Kejahatan yang anggotanya anak-anak serta para penyihir. Dengan bantuan nagcing, detektor kejahatan yang bertubuh separo naga dan separo cacing, kelompok ini berhasil meringkus para penjahat dan mengubah mereka jadi hewan.

Bahagiakah Heckie setelah cita-citanya tercapai? Ternyata tidak, karena Heckie masih merindukan sahabatnya, Dora. Heckie begitu bersyukur ketika Mr. Knacksap yang tampan menawarkan diri untuk mendamaikan mereka. Heckie sama sekali tak menduga bahwa Mr. Knacksap sebenarnya berniat mengadu domba mereka demi kepentingannya sendiri!

Seperti satu kalimat dalam lirik sebuah lagu lama yang menuliskan kalimat Tak Selamanya Mendung Itu Kelabu, seperti itu pulalah dunia penyihir yang disajikan oleh Eva Ibbotson di setiap bukunya. Dunia penyihir tidak selamanya gelap. Tidak semua penyhir memiliki tampang seram dagu runcing dan kumpulan kutil yang menjijikan yang bisa membuat seseorang berubah jadi kodok ataupun hal hal kejam lainnya. Walaupun tetap dengan mantera dan sihirnya, Eva mencoba memberitahu dunia masih ada penyihir yang berniat menjadikan dunia tempat yang lebih baik.
Seperti Heckie dan sahabatnya, Dora.

Heckie dan Dora adalah dua sabahat yang bertemu di sekolah khusus para penyihir yang menjunjung tinggi kata-kata PENYIHIR ANTI KEKERASAN. Setelah 30 tahun di sekolah penyihir membuat Hecki dan Dora menjadi penyihir handal. Jika Heckie dapat merubah siapa pun menjadi hewan apapun yang diinginkannya dengan menyentuh mereka, Dora bisa mengubah seseorang menjadi batu hanya dengan memincingkan mata. Mereka bersumpah akan berbuat kebaikan dan menumpas kejahatan. Sayangnya,.masalah sepele membuat mereka memutuskan untuk tinggal terpisah. Walaupun begitu Heckie tetap memutuskan untuk melakukan tujuannya untuk membuat dunia menadi tempat yang lebij baik. .

Kota Wellbridge menjadi pilihan Heckie dan Ditemani oleh familiar yang dibuatnya sendiri, Daniel, Sumi dan para penyihir lain, dibentuklah Kelompok Pemburu Penjahat. Semua orang – orang tak peduli wanita ataupun pria, semua akan diubah menjadi hewan bila diketahui melakukan tindak kejahatan. Semua hewan-hewan itu kebanyakan diberikan kepada Kebun Binatang. Karena toko hewan miliknya tak mungkin menampung semua hewan tersebut.

Tak seorang pun yang mengetahui rahasia ini sampai perampokan di Bank tempat Heckie menyetor penghasilannya setiap minggu. Seorang pria yang mengenalkan dirinya sebagai Mr Knacksap mengetahui rahasia Heckie. Kunjungan rutin pria yang cukup tampan membuat Heckie tak segan menceritakan semua rahasia termasuk pertengkarannya dengan Dora. Tawaran Mr Knacksap untuk membantu Heckie berdamai dengan Dora membuat penyihir ini jatuh hati. Sehingga tanpa berpikir panjang, Heckie menyanggupi semua keinginan Mr Knacksap yang sangat aneh. Daniel dan Sumi telah berusaha membuka mata Heckie, sayangnya cinta telah menutup mata wanita penyihir yang satu ini.

Sihir memang punya kekuatan tersendiri yang membuat saya tetap terpikat walau disajikan dalam bentuk cerita apaun termasuk cerita yang cukup ringan ini. kalau Heckie ada di Indonesia, dijamin setiap kota pasti punya kebun bintang. Kekuatan yang dimiliki Heckie ini juga bisa meringankan tugas para polisi. Setiap kota di Indonesia bisa lebih aman.

Not Just A Witch
(Bukan Sembarang Penyihir)
Penulis: Eva Ibbotson
Alih Bahasa: Indah S. Pratidina
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan 1: Agustus 2003
Tebal: 224 hlm

No comments:

Post a Comment

Post a Comment